8 Fakta Keindahan Pantai Menganti Kebumen yang Tak Ada duanya, Tak Heran Disebut New Zealand-nya Indonesia

Jembatan Merah Pantai Menganti

Liburan adalah salah satu momen yang selalu ditunggu oleh siapa saja, baik oleh anak muda ataupun orang tua. pantai menjadi salah satu tempat wisata favorit untuk menghabiskan waktu liburan. suasana yang tenang dan aroma lautnya akan membawa nuansa liburan yang berbeda dari biasanya.

Jawa Tengah adalah salah satu provinsi di Indonesia yang menawarkan berbagai keindahan alam, termasuk Kota Kebumen Memang nama Kebumen semakin dikenal masyarakat karena banyaknya wisata pantai di sini, salah satu pantai yang menjadi daya tarik utama wisatawan merupakan Pantai Menganti, yang keindahannya sebanding dengan New Zealand. Berikut adalah beberapa fakta mengenai Pantai Menganti yang perlu diketahui:

1. Berlokasi di Kabupaten Kebumen

Pantai Menganti Kebumen
Pantai Menganti Kebumen

Siapa bilang jika pantai yang indah lokasinya selalu jauh dari pusat kota? Kabar baiknya, lokasi Pantai Menganti tidak terlalu jauh dari pusat kota karena masih di Kecamatan Ayah – tepatnya di Kabupaten Kebumen. Pantai Menganti ini jaraknya hanya sekitar 42 kilometer dari Kota Kebumen dan hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk tiba di pantai ini. Jarak Pantai Meganti ini akan lebih dekat apabila kita dari Kota Gombong karena jaraknya hanya sekitar 35 kilometer. Jangan khawatir karena akses ke Pantai Menganti sudah bagus dan dijamin kita akan puas dengan keindahan alamnya!

2. Mendaki Bukit Sigatel

Bukit Sigatel Pantai Menganti
Bukit Sigatel Pantai Menganti

Salah satu keunikan Pantai Menganti adalah adanya perbukitan di balik pantai yang membuat keindahan pantai ini tidak terganti. Bahkan kita juga bisa mendaki Bukit Sigatel lho, salah satu bukit yang cukup rendah dan aman untuk didaki selama menikmati keindahan Pantai Menganti. Meskipun rendah, sebaiknya kita juga menyiapkan fisik terlebih dahulu supaya tidak kelelahan setelah mendaki Bukit Sigatel ini.

Baca Juga
D’Walik Wahana Baru di Museum D’Mata Jogjakarta

3. Berfoto di Jembatan Merah

Jembatan Merah Menganti
Bukit Sigatel Pantai Menganti

Jembatan Merah ini bukan jembatan yang berlokasi di Ancol lho! Yup, salah satu wahana yang menjadi ikon dari Pantai Menganti adalah Jembatan Merah. Jembatan sepanjang 300 meter ini bukan hanya sering menjadi spot selfie namun juga untuk foto keluarga. Dijamin foto liburan kita saat liburan pun akan semakin indah dengan kehadiran selfie di Jembatan Merah ini!

4. Menantang adrenalin di sepeda gantung

Sepeda Gantung Pantai Menganti
Sepeda Gantung Pantai Menganti

Mau menantang adrenalin ketika menikmati keindahan alam Pantai Menganti? Tentu saja bisa!  Pantai Menganti bukan hanya menawarkan berbagai spot foto yang cantik namun juga sepeda gantung yang wajib dicoba. Jangan khawatir karena wahan sepeda gantung ini ditawarkan dengan harga yang murah, yaitu hanya Rp.15.000,-. Tertarik untuk mencobanya?

5. Menikmati keindahan pantai dari balon udara

Balon udara kebumen
Spot Foto Balon udara kebumen

Bukan hanya menawarkan keindahan alam, Pantai Menganti juga menawarkan berbagai wahana yang seru dan salah satunya ada balon udara. Siapa sih yang bisa menolak melihat keindahan pantai dari ketinggian? Menariknya lagi, kita hanya perlu membayar Rp.15.000,- untuk bisa naik balon udara lho! Jangan khawatir karena perjalanan kita di balon udara akan ditemani dengan ahlinya sehingga terjamin keamanannya.

Baca Juga
Wisata Edukasi Taman Pintar Jogjakarta

6. Ada cerita sedih di balik Pantai Menganti

Pantai Menganti
Pantai Menganti

Siapa sangka jika nama Pantai Menganti ini punya makna sedih di baliknya? Yup, banyak yang bilang kalau Pantai Menganti dulunya sebagai tempat bertemu seorang jenderal dan gadis yang tidak direstui cintanya. Suatu saat mereka berjanji untuk bertemu di pantai ini, sang gadis pun tidak segera datang namun jenderalnya tetap menanti. Tak heran jika pantai ini diberi nama sebagai Pantai Menganti yang berarti “menanti”. 

7. Tanjung Karang Bata

Tanjung Karang Bata
Tanjung Karangbata kebumen

Objek Wisata Tanjung karangbata adalah hasil dari gunung api purba, diaman menampilkan pemandangan yang menarik dan sangat indah. dari sini kita bisa merasakan keindahan dan juga kesejukan angin pantai selatan. tapi berhati hati untuk berfoto di sini ya karena pijakannya yang licin

8. Harga Tiket dan Jam Buka Pantai Menganti

Mau main ke pantai saat malam hari? Atau mau menikmati sunrise ala Kebumen? Tentu saja bisa! Pantai Menganti buka selama 24 jam, yang berarti kita bisa bermain ke pantai ini kapan pun yang dimau. Jangan lupa untuk membayar tiket masuknya dulu, hanya Rp.10.000,- kok!

Nah bagaimana? Pastinya semakin tertarik untuk mengunjungi Pantai Menganti setelah tahu beberapa fakta yang disebutkan barusan kan? Yuk berkunjung ke Pantai Menganti di liburan mendatang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *