Wisata Edukasi Taman Pintar Yogyakarta, Cocok Untuk Liburan Bersama Anak!

Taman Pintar Jogjakarta

Yogyakarta adalah salah satu kota di Indonesia yang terkenal akan keistimewaannya, terutama untuk pariwisata. Jumlah wisatawan di Kota Yogyakarta selalu mengalami peningkatan dari waktu ke waktu, baik untuk wisatawan lokal ataupun internasional.

Menariknya lagi, Yogyakarta bukan hanya kaya akan wisata alam namun juga wisata edukasi. Salah satu wisata edukasi di Yogyakarta yang tidak boleh dilewatkan adalah Taman Pintar. Taman Pintar juga menawarkan beragam wahana yang menarik, antara lain sebagai berikut:

1. Gedung Oval

Wisata Edukasi Taman Pintar
Gedung Oval dan Gong Perdamaian Nusantara

Gedung Oval adalah gedung pertama yang wajib dikunjungi, terutama untuk kita yang penyuka sains. Di Gedung Oval lah kita bisa menikmati berbagai wahana bertema sains, misalnya saja ada zona cuaca iklim dan gempa. Anak juga bisa belajar lebih jauh mengenai kondisi bumi melalui ICT  ataupun mengetahui asal usul bumi melalui zona kehidupan purba. Bahkan anak juga bisa belajar tentang berbagai macam jenis ikan melalui aquarium air tawar. Oh iya jangan lupa untuk berfoto di depan Gong perdamain nusantara yang terletak persis di depan pintu masuk gedung oval

2. Gedung Memorabilia

Gedung Memorabilia Zona Tokoh Pendidikan Cocok untuk anak anka
Gedung Memorabilia Zona Tokoh Pendidikan

Mengajarkan anak tentang sejarah Indonesia memang penting sehingga jiwa nasionalisme mereka semakin kuat. Gedung Memorabilia ini terbagi menjadi 3 zona, yaitu ada zona tokoh pendidikan di mana anak akan mengenal berbagai tokoh yang berjasa di dunia pendidikan Indonesia. Ada juga zona keraton agar anak bisa mengetahui lebih jauh tentang seluk beluk keraton. Jangan lupa mengajak anak ke zona kepustakaan kepresidenan yang menampilkan biografi presiden sejak jaman kemerdakaan hingga sekarang.

3. Gedung Planetarium

Gedung Planetarium Jogja
Gedung Planetarium Jogja

Mengajak anak untuk ke planetarium tidak perlu jauh-jauh lagi sampai Bandung lagi lho! Wah yang benar nih? Yup, di Gedung Planetarium Taman Pintar inilah anak bisa menikmati keindahan antariksa melalui teropong. Bukan hanya itu saja, anak juga bisa menyaksikan pertunjukan mengenai antariksa melalui layar 4D. Jangan lupa untuk membayar tiket tambahan jika ingin menikmati serunya pertunjukan 4D ya!

Baca Juga Wisata Unik D'Walik Yogyakarta

4. Gedung Kotak

Gedung Kotak
Gedung Kotak

Gedung Kotak cocok untuk mengajarkan anak tentang budaya Indonesia, terutama mengenai keris. Di Gedung Kotak inilah kita juga bisa mengajak anak melihat replika Candi Borobodur yang keindahannya juga tidak kalah dengan yang asli. Adanya zona pengolahan minyak gas dan bumi serta pengolahan susu bisa mengajarkan anak mengenai bagaimana cara mengolah sumber daya alam.

5. Gedung PAUD

 Gedung PAUD
Gedung PAUD

Seperti namanya, gedung PAUD ini memang didesain khusus untuk anak TK ataupun PAUD. Perlu diingat jika gedung PAUD ini dibagi menjadi dua, di mana Gedung PAUD Barat untuk anak TK. Untuk anak Pra-TK sendiri gedungnya menggunakan Gedung Timur dengan kapasitas siswa yang terbatas.

6. Zona Playground

 Zona Playground
Zona Playground

Bisa dibilang playground adalah wahana yang paling diminati di Taman Pintar mengingat wahana ini selalu ramai akan pengunjung. Anak bukan hanya bisa menikmati berbagai permainan di Playground namun juga mencoba berbagai alat peraga secara gratis. Tentunya wahana permainan di Playground ini sudah terjaga keamanannya sehingga kita tidak perlu khawatir akan keselamatan anak ketika bermain.

7. Zona Perpustakaan

Zona Perpustakaan
Zona Perpustakaan

Bukan rahasia lagi pastinya jika minat membaca masyarakat Indonesia termasuk rendah dan sebaiknya kita menerapkan kebiasaan membaca sejak dini alias anak-anak. Koleksi buku di Perpustakaan Taman Pintar ini cukup lengkap terutama untuk buku yang berhubungan dengan sains. Kita juga bisa menyaksikan pertunjukan panggung boneka yang diadakan sekali tiap minggunya.

8. Science Theater

Science Theater
Science Theater

9. Kampung Kerajinan

Kampung Kerajinan
Kampung Kerajinan

Keseruan di Taman Pintar Yogyakarta bukan hanya terbatas pada kegiatan di dalam ruangan, namun juga di luar ruangan. Di Kampung Kerajinan, kita bisa mengajak anak untuk membatik, membuat serta melukis gerabah, melukis kaos, dan lain-lain. Kerajinan yang dibuat bersama anak pun bisa dibawa pulang dan kita hanya perlu membayar Rp.10.000,- hingga Rp.15.000,- saja. Wahana satu ini cocok untuk meningkatkan kreativitas anak.

Menarik bukan berbagai wahana yang bisa dicoba ketika berkunjung ke Taman Pintar? Perlu diingat jika Taman Pintar buka mulai pukul 08.00 hingga 16.15 dan tutup setiap Senin. Tunggu apalagi berkunjung ke Taman Pintar bersama keluarga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *