Berlibur ke Borobudur? Jangan Lupa Cicipi Kuliner Khas Magelang Sebelum Pulang ke Kota Asal Ya!

kuliner magelang

Magelang adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang selalu menarik perhatian wisatawan lokal ataupun mancanegara. Nama Magelang sendiri sudah dikenal sejak lama mengingat adanya Candi Borobudur di kota tersebut.

Nasi Lesah Magelang
Nasi Lesah Magelang

Tentunya berlibur ke Magelang tidak akan afdol apabila kita belum mencicipi berbagai kuliner khas Magelang. Kuliner ini hanya bisa didapatkan di Magelang lho! Ini dia beberapa kuliner terbaik Magelang yang sayang untuk dilewatkan:

1. Kupat tahu

kupat tahu magelang
Kupat Tahu Magelang

Siapa sih yang tidak kenal dengan kupat tahu? Kupat tahu adalah salah satu kuliner yang bisa ditemukan dengan mudah, baik di restoran ataupun di gerobak. Meskipun isinya cukup sederhana, yaitu kupat dan tahu namun dijamin kita bakal ketagihan menyantap makanan satu ini

Baca Juga  Yuk Intip 9 Fakta Menarik Keindahan Goa Jatijajar Kebumen!

2. Nasi lesah

nasi lesah magelang
Nasi Lesah

Meskipun menemukan penjual nasi lesah ini mulai susah, namun kelezatannya dijamin membuat kita ketagihan! Bahan yang digunakan untuk nasi lesah pun sederhana, yaitu hanya kubis, kecambah, wortel, seledri dan nantinya disiram dengan kaldu ayam. Banyak yang bilang jika nasi lesah ini mirip dengan soto, hanya saja perbedaannya nasi lesah tidak menggunakan santan sama sekali. Penyajian nasi lesah pun unik, yaitu dengan piring meskipun banyak kuah!

Baca Juga  Wisata Edukasi Taman Pintar Yogyakarta, Cocok Untuk Liburan Bersama Anak! 

3. Konro bumbu kacang

Konro bumbu kacang
Konro bumbu kacang

Memang konro adalah kuliner khas Makassar, namun kita juga bisa menemukan konro khas Magelang yang dibalut dengan bumbu kacang lho! Kelezatan konro bumbu kacang ini mirip dengan sate ayam dan pastinya nikmat di dinginnya hawa kota Magelang. Bisa juga kita memesan sup konro yang tidak kalah kelezatannya.

4. Sup senerek

Sup Senerek
Sup Senerek

Sup satu ini sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda lho! Memang sekilas sup senerek ini hampir sama dengan sup lainnya, hanya lebih dominan kacang merahnya. Adanya potongan daging sapi pada sup senerek ini membuat rasanya semakin gurih, terlebih ketika kita menyantapnya saat hujan deras!

 Baca Juga D’Walik Wahana Baru di Museum D’Mata Jogjakarta 

5. Gudeg Poncol

Gudeg poncol
Gudeg poncol

Meskipun gudeg merupakan kuliner khas Yogyakarta, namun kelezatan Gudeg Poncol juga tak tertandingi lho! Kelezatan Gudeg Poncol ada pada cara memasaknya, di mana gudeg dimasak di atas anglo dan arang selama 12 jam. Tak heran jika bumbu gudeg benar-benar meresap pada kikil ataupun lauk lainnya. Perlu diingat kalau Gudeg Poncol ini selalu tutup tiap hari Sabtu ya!

Baca Juga  9 Rekomendasi Hotel Termurah di Semarang 

6. Mangut Beong

Mangut Beong
Mangut Beong

Bagi kita yang pecinta seafood, maka mangut beong adalah kuliner khas Magelang selanjutnya yang wajib dicoba. Kuliner satu ini menggunakan ikan beong sebagai bahan utamanya dan dipadukan dengan berbagai bumbu rahasia hingga menghasilkan rasa pedas. Mangut beong bukan hanya menjadi favorit  warga lokal saja namun juga wisatawan internasional lho!

7. Wedang kacang

Wedang Kacang
Wedang Kacang

Dinginnya suhu Magelang tentunya akan terobati apabila kita menikmati minuman hangat seperti wedang kacang. Wedang kacang memang selalu dicari oleh wisatawan karena cita rasanya yang lezat sekaligus menghangatkan. Satu porsi wedang kacang terdiri dari kacang tanah, ketan, dan bumbu rahasia. Kenikmatan wedang kacang ini akan semakin afdol apabila kita menyantapnya dengan sate pisang.

8. Depot Es Semanggi

Depost Es Semanggi
Depost Es Semanggi

Mau menikmati semangkuk es dengan harga murah meriah ketika di Magelang? Tentu saja bisa! Depot Es Semanggi adalah salah satu depot es terbaik di Magelang yang menawarkan berbagai jenis es mulai dari Rp.2.000,- hingga Rp.7.000,- saja.  Depot Es Semanggi pun juga mudah untuk dijangkau mengingat lokasinya ada di parkir basement Matahari Department Store.

9. Es Mahkota

Berlibur ke Borobudur? Jangan Lupa Cicipi Kuliner Khas Magelang Sebelum Pulang ke Kota Asal Ya! Vania Daily

Mau menikmati yang segar-segar ketika berlibur ke Magelang? Tandanya kita harus mampir ke Es Mahkota! Toko Mahkota sendiri sudah berdiri sejak tahun 1945-an dan pastinya sudah tidak perlu diragukan lagi kelezatan es krimnya. Es Mahkota pun disajikan dengan unik, di mana esnya dibungkus dengan kertas aluminium foil. Kita juga bisa memilih beragam varian rasa Es Mahkota lho!

Menarik bukan berbagai kuliner khas Magelang yang disebutkan barusan? Jangan sampai melewatkan kuliner tersebut kalau tidak mau menyesal ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *